Rabu, 26 April 2017

KULIAH JURUSAN APA YA ???



PETA BAKAT MEDAN | “Eh… kau ambil kuliah apa lae..??” Tanya Roni pada temannya Ronald sambil berjalan menuju tempat Bimbel (Bimbingan belajar) di kota medan. “Bapak dan mamakku mau aku masuk USU Lae, Lae rencananya kemana?” jawab Ronald. “Bah… Maksud ku Lae, jurusannya Lae. Kalau aku maunya ambil teknik elektro lae, karena abang-abang ku semua bilang itu gampang dapat kerja lae.” Pembicaraan seperti diatas sering terdengar setelah siswa putih abu-abu ini selesai UN (Ujian Nasional).

Banyak yang memilih jurusan kuliah karena prestis, tekanan orang tua, atau karena isu global yang sedang hangat tentang jurusan tertentu. Hingga pada akhirnya mereka memilih jurusan karena apa kata orang, bahkan ketika ditanya pun, tidak menutup kemungkinan mereka tidak tahu mengapa memilih jurusan itu. Tahun 2003 silam saya juga harus mengakui bahwa saya memilih jurusan karena cuma itulah jurusan yang lulus selama uji coba SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru), sedihnya diriku… Saat itu yang lulus malah FMIPA Kimia di USU, dalam hati tetap berysukur, gak malu-maluin. Namun, karena banyak masukan akhirnya saya mencoba ujian masuk di Politeknik Negeri Medan Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Elektro.

Tahukah anda Menurut penelitian Educational Psychologist dari Integrity Develeopment Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA., di kutip dari Rahmad Faisal Harahap Okezone pada tanggal 25 Februari 2014 87% Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan. Dan ketika bukan karena bakatnya maka menurut Irene, mahasiswa tersebut akan dapat di nilai setengah-setengah menguasai bidangnya. Bahkan hal ini bisa memicu pengangguran.

Jangan sampai salah jurusan, ayo saatnya kamu kenali bakat mu untuk jurusan dan masa depan kamu…
Hubungi Reagen Saragih TMP,. CT., CPS. Untuk mengenali bakat dan konsultasi kecocokan jurusan kamu.

Reagen Saragih TMP., CT., CPS.
082116661999
Talent Mapping Practitioner, Certified Trainer, Certified Public Speaking

Bagikan

Jangan lewatkan

KULIAH JURUSAN APA YA ???
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.