Senin, 24 April 2017

TRAINERPRENEUR

TRAINERPRENEUR | Pukul 18.40 WIB tanggal 20 April 2017 penerbangan saya dari Medan menuju ke Jakarta, penerbangan dengan maskapai Sriwijaya air yang merupakan pengalaman saya dan keluarga saya pertama sekali, dan kami sangat menikmat terbang dengan maskapai ini. Pukul 16.00 saya dan keluarga sudah sampai di Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang. Sambil menunggu waktu, saya mulai mengambil buku yang saya sudah siapkan di dalam tas ransel saya. Awaken the giant within, karya Anthony Robbins. Saya sedang mendalami bagaimana kekuatan otak bisa mempengaruhi kehidupan seseorang, tapi perjalanan saya ke Jakarta bukan berhubungan dengan pemahaman tentang yang baru saya jelaskan diatas. Nah, sekitar jam 11 malam kami akhirnya sampai di hotel yang bersebelahan dengan lokasi tujuan saya ke Jakarta, mempersiapan diri untuk Trainerpreneur Esok harinya.

Trainerpreneur adalah gabungan dari Trainer dan Enterpreneur. Dua buah profesi yang belakangan ini mulai dilirik pasar. Hahaha… Gak begitu paham sih, tapi ya inilah yang saya ikuti untuk menambah perbendaharaan ilmu pengetahauan, Training Trainerpreneur oleh Ongky Hojanto 21-23 April 2017 di hotel All Season Gajah Mada Sejujurnya, saya sangat bersyukur bertemu dengan training ini, bagaimana tidak, setelah saya mengikuti training ini saya sekarang sudah bergelar Certified Trainer (CT) dan Certified Public Speaking (CPS). Tapi bukan sertifikat itu saja yang membuat saya bersyukur, tapi juga saya bersyukur karena ini membuat perbedaan pola pikir dan pandangan saya berubah tentang bagaimana menghasilkan penghasilan penambahan, hi..hi..hi.., Terima kasih pak Ongky Hojanto.
Nah saya sedikit mau ilmu pengetahuan yang saya dapat salama mengikuti kelas training bersama Ongky Hojanto.
Menjadi trainerpreneur ada yang bilang mudah, ada juga yang bilang susah. Namun trainer selalu berhubungan dengan dunia public speaking. Selain belajar trainerpreneur, kita juga dibekali dengan kelas public speaking. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam membuat public speaking kita menjadi fenomenal. Secara umum public speaking terdiri dari tiga unsur yaitu Introductian, Body dan Conclusion.
1.       Introduction
Perkenalan, pengantar atau terjemahan sejenis yang dapat kita gunakan untuk mengartikan kata introduction, tapi memang tujuan Introduction itu adalah untuk memperkenalkan apa tujuan utama dari public speaking atau presentasi yang kita lakukan. Untuk pembukaan waktu yang digunakan sebenarnya tidak lama, kalau kita proporsionalkan, 10% Introduction, 80% Body, dan 10% Conclusion.
Introduction itu sendiri terbagi kedalam beberpa bagian, diantranya:
a.       Opener
Ada beberapa jenis pembuka yang dapat kita gunakan sehingga akan membuat penampilan kita mempesona audiens yang hadir pada saat kita presentasi, diantaranya:
·         Visual impact
·         Powerfull question
·         Audiens Participation
·         Story
·         4 Statement
·         Pujian
·         Fakta yang mengejutkan
·         Kutipan
·         Humor
Kita dapat memilih mana yang paling kita kuasai untuk dijadikan opener (pembuka), menurut pendapat saya dapat digabungkan, namun berdiri sendiri juga tidak buruk.
b.      Topic
Pada bagian ini anda menyampaikan Tema dan topik apa yang akan anda sampaikan.
c.       Agenda
Anda sudah punya pembagian waktu dan bahan yang ingin anda sampaikan, poin poin utama apa saja yang ingin anda sampaikan dalam Body (inti pembahasan).

Sebelum masuk kedalam inti pembahasan atau body presentasi, maka kita harus membuat aturan yang realistis antara pembicara yaitu anda, dan audiens yang datang. Anda adalah pembicara dan anda juga adalah pengendali selama anda berbicara.

2.       Body (Inti pembahasan)
Bagian ini adalah bagian dimana tujuan dan materi utama dari seminar atau training anda, dan ada beberapa bagian dalam Body ini yang harus anda uraikan, seperti
·         Poin-poin utama
·         Poin-poin tambahan
·         Ilustrasi
Dalam menjabarkan poin-poin utama atau tambahan maka beberapa metode yang dapat kita gunakan, diantaranya:
a.       5W+1H (What, Why, When, Who, Where dan How)
b.      Identifikasi masalah dan solusi
c.       Direct to the point, atau langsung kepada bahan penjelasan kita.
d.      Pembandingan
e.      Kronologis
f.        Fungsional
Sebaiknya apa yang anda akan bagikan dalam presentasi body (inti pemabahasan) adalah yang bersifat Logos dan Patos. Logos adalah data dan fakta, sementara logos ada cerita yang bisa saja berupa cerita pengalaman hidup kita, Historikal, dan perumpamaan, karena dengan mengkombinasikannya maka audiens anda akan tertarik dengan mengajak otak kiri dan otak kanan mereka bekerja sama.

3.       Conclusion (Penutup dan Kesimpulan)
Sama hal nya dengan Introduction di awal, bahwa waktu yang di ijinkan hanya 10% dari seluruh rangkaian total presentasi kita. Dalam conclusion ada dua bagian utama yang harus kita lakukan.
ü  Review
Anda akan mensarikan seluruh pembahasan anda dan merangkumnya menjadi sebuah kesimpulan.
ü  Closing Statement
Closing statement atau pernyataan penutup dapat berupa Ajakan, Cerita, Kutipan, Nyanyian dan juga bisa pantun.
Semoga bermanfaat.
Salam
Reagen Saragih CT., CPS.,
082116661999

Assosiate Trainer of MotivatorAccademy dan Public Speaking Academy

Bagikan

Jangan lewatkan

TRAINERPRENEUR
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.