Minggu, 14 Mei 2017

Jalan Sukses dan Cara Sukses, Bedanya?



PETA BAKAT MEDAN | 13 Mei 2017, merupakan salah satu hari yang sangat saya syukuri, bukan saja saya dapat sebuah payung dalam acara Employee Gathering yang dilakukan perusahaan, tapi juga saya mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan Maestro sekaligus Founder Talent Mapping Ir. Rama Royani yang biasa disapa dengan Abah Rama. Kenapa saya sangat bersyukur? Karena saya semakin memahami banyak hal sehubungan dengan Talent Mapping atau peta bakat. Sejujurnya, pada awal menjadi seorang practitioner Talent Mapping bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, selain tentunya banyak orang yang mempertanyakan apa pentingnya bakat, bahkan ada yang mengatai bahwa pengenalan bakat hanya lah untuk anak-anak. Ya, miris memang…..
Kali ini saya ingin berbagi tentang Sukses, jalan sukses dan cara sukses yang tentunya di inginkan setiap orang, termasuk saya anda bukan? Mari kita coba memahami pandangan ini. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Sukses adalah Berhasil, Beruntung. Oxford Dictionary mendefenisikan Success  sebagai The accomplishment of an aim or purpose.  Dave Gardner berkata, “Success is getting what you want. Happiness is wanting what you get.” Sukses adalah mendapatkan yang kita inginkan. Sedangkan, bahagia adalah menginginkan apa yang kita dapatkan. Dan Abah Rama sendiri mendefenisikan Sukses sebagai Ketika Hidup kita dapat bermanfaat buat orang banyak. Tentunya ketika kita sukses kita juga mendapatkan kebahagiaan. Didalam buku talent mapping, anda juga dapat mendapatkan buku ini melalui saya, Abah Rama menyebutkan bahwa Prof. Martin Seligman (Bapak Psikologi Positif) menyebutkan bahwa kebahagiaan memiliki tiga tingkatan yang secara berurut dimulai dari Pleasant Life, Good Life dan Meaningful Life.

ü  Pleasant life berhubungan dengan kebahagian seseorang dengan memiliki atau mempunyai sesuatu benda.
ü  Good life, disinilah letak bakat, ketika saudara dan saya dengan tanpa merasakan lelah mengerjakan kegiatan yang merupakan bakat kita, ini kebahagiaan yang berhubungan dengan mental.
ü  Dan yang terakhir adalah Meaningful life yang sifatnya adalah spiritual. Kita mengetahui bahwa berkat yang diberikan Tuhan kepada kita, diharapkan Sang Pemberi tidak hanya  berhenti sampai di diri kita, melainkan kepada semua orang yang ada di sekeliling kita.

Jalan sukses dan Cara Sukses merupakan hal yang berbeda tapi saling keterikatan. Ketika akhirnya anda mengetahui jalan sukses anda tapi tidak mendapati cara sukses nya, maka anda akan tetap sukses namun butuh proses yang sangat lama, sebaliknya, ketika anda tahu cara sukses dan tidak tahu jalan sukses, maka anda akan tersesat. Ketika anda ingin pergi ke sebuah tempat yang cukup jauh, peta akan menunjukkan jalan ke tempat tujuan tersebut dan anda akan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi untuk samapai di tujuan anda. Dalam hal ini, tujuan anda adalah jalan sukses nya, dan kendaraan adalah cara sukses nya. Ketika anda sudah punya caranya tapi tidak tahu mau kemana, maka anda akan tersesat membawa kendaraan anda.
Jalan Sukses berhubungan dengan pencipta. Didalam bukunya berjudul The Purpose Of Driven Life, Rick Warren menyampaikan bahwa siapakah yang tahu sebuah ciptaan untuk Tujuan apa? Tentunya yang tahu ialah Penciptanya. Jadi untuk menemukan apa Tujuan ataupun Jalan Sukses anda, satu-satunya cara adalah Berdoa dan bertanya kepada Tuhan Sang pencipta kita.
Cara Sukses, ketika kita sudah mengetahui Jalan Sukses kita, maka Tuhan juga akan mempersiapkan perangkat serta aksesoris pendukung untuk melakukan jalan sukses itu. Peta Bakat atau Talent mapping tidak merubah siapapun, namun dengan ini kita dapat mengenal apa-apa saja aksesoris yang ada dalam diri kita. Aksesoris itulah sifat bakat yang ada dalam diri kita.
Kita semua tentunya ingin mencapai kebahagian pada level Meaningful life, tapi bak anak tangga, kita harus mengenal bakat (Good Life) untuk bisa mencapai Meaningful life. Ayo segera temukan Bakat mu, untuk kehidupan yang lebih bermakna menuju Meaningful life. Semoga Bermanfaat.
SEGERA GALI BAKAT MU, HUBUNGI KAMI DI 082116661999 (SMS, WA, DAN TELEGRAM)

Reagen Saragih TMP., CT., CPS.

SMS/WA/TELEGRAM +6282116661999
Talent Mapping Practitioner, Certified Trainer, Certified Public Speaking


Bagikan

Jangan lewatkan

Jalan Sukses dan Cara Sukses, Bedanya?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
15 Mei 2017 pukul 11.33

Nice abg ku...
Nanya dikit ni bg...
gmna cara menemukan happiness ditingkat good life dengan segala resiko yg ada?
Thanks...

Reply
avatar
17 Mei 2017 pukul 22.45

Temukan bakatnya terlebih dahulu bang. Hehehe... nanti kita konsultasikan berikutnya. Hehehe.

Reply
avatar
17 Mei 2017 pukul 22.45

Temukan bakatnya terlebih dahulu bang. Hehehe... nanti kita konsultasikan berikutnya. Hehehe.

Reply