Kamis, 04 Mei 2017

Ada apa dengan Bakat?

PETA BAKAT MEDAN | Ada yang bertanya pada saya, apa untungnya bekerja dengan bakat, bagaimana kelebihan bekerja dengan bakat, dan bagaimana ciri-ciri bakat itu? Sebelum kita mencoba mengenal lebih dalam bakat itu baiknya kita coba mengenal apa bakat itu sebenarnya. Dalam artikel saya sebelumnya Talent Mapping dijelaskan arti bakat berdasarkan Oxford dictionary dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Talent berarti Natural aptitude or skill (Oxfoard Dictionary). Berdasarkan KBBI bakat artinya dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir. Permasalahannya saat ini, bagaimana kita mengenal bakat, dan apa ciri-ciri dari bakat itu serta keuntungannya apa dengan bakat itu sendiri.
Marcus Buckingham dalam Bukunya “First, Break The Rule”, mengatakan bahwa Manusia dapat bekerja karena tekanan/terpaksa selama 8 jam sehari, bekerja karena uang selama 10-12 jam sehari, dan bekerja dengan bakatnya 24 Jam sehari. Mengapa? Alasan setiap orang bekerja dengan bakatnya tanpa mengenal waktu adalah Bakat itu sendiri memiliki ciri 4E Yaitu Enjoy, Easy, Excelent dan Earn.
1.       Enjoy
Pernah kah anda melakukan sesuatu tanpa anda sadari sudah melewati waktu makan siang dan makan malam anda? Kemudian anda selalu merasa kekurangan waktu untuk melakukan kegiatan tersebut? Ya.., karena anda sangat menikmatinya. Ini yang dinamakan E yang pertama Enjoy.
2.       Easy
Ketika melakukan sesuatu kegiatan anda merasa bahwa kegiatan itu sangat mudah tanpa ada kesulitan, tapi ketika orang lain mencoba kegiatan itu sama seperti pepatah mengatakan “Bagaikan mengecat langit”. Ini adalah E kedua Easy.
3.       Excelent
Ketika anda melakukan bakat anda yang pastinya menyenangkan bagi anda, dan tentunya itu mudah bagi anda, pasti hasil yang akan anda berikan sempurna, tidak hanya di mata anda tapi juga di mata orang lain. Ini yang disebut dengan E yang ketiga Excellent.
4.       Earn   
Bayangkan Bakat yang anda punya dilakukan dengan Enjoy, Easy, Excelent tentunya ini akan menjadi produktif bahkan menghasilkan uang. Ini yang anda kenal dengan Jalan Sukses, Bakat anda Jalan Sukses anda, Selanjutnya temukan cara Sukses anda untuk mengembangkan bakat anda menjadi produktif dan maksimal.
                Nah saat ini kita sudah tahu bagaimana ciri-ciri bakat, yok… mari kenal bakat kita untuk hidup lebih bermakna. Salam Hebat…
               
SEGERA GALI BAKAT MU, HUBUNGI KAMI DI 082116661999 (SMS, WA, DAN TELEGRAM)

Reagen Saragih TMP., CT., CPS.

Talent Mapping Practitioner, Certified Trainer, Certified Public Speaking

Bagikan

Jangan lewatkan

Ada apa dengan Bakat?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.